Chocolate Cupcakes

Tanggal 7 Maret lalu, Ayah ulang tahun yang ke-46 *hug*. Aku, ibu, dan adik-adik ramai-ramai prepared something buat beliau. Dik Lia bertugas nyiapin kado buat Ayah, foto kami sekeluarga pas lebaran beberapa tahun lalu yang diedit-edit dikit trus dicetak trus dimasukkin ke pigura. Aku dan Ibu yang bertugas nyiapin makanan buat pesta *halah*. Ibu yang makan besar, aku yang camilan.

Pengin berbeda dari biasanya (kue tart), aku pilih cupcakes buat jadi kue ultah Ayah. Lantaran baru pertama kali bikin, aku cari resepnya dulu di internet. Eh nemu resep di detik.com. Judul cupcake-nya itu Chocolate Cupcakes.

Ketidakmodalanku memaksaku untuk merevisi beberapa bahan dari resep asli. Voila, ini dia resep cupcake editan dari detik.com (resep asli dapat klik di sini).

Chocolate Cupcakes

Camera 360

Untuk 12 buah


Bahan 1
200 gr mentega
200 gr cokelat dark

Bahan 2 (tidak dicampur dahulu)
150 gr gula pasir
3 butir telur ayam

Bahan 3 (campur terlebih dahulu)
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/2 sdt vanili bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:
1. Tim mentega dan cokelat hingga leleh (bahan 1). Sisihkan.
2. Kocok gula dan bahan 1 dengan mixer sampai rata.
3. Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.
4. Tambahkan campuran bahan 3, kocok hingga merata.
5. Tuangkan ke dalam mangkuk-mangkuk kertas (hingga 3/4 penuh)
6. Panggang dalam oven panas hingga matang.
7. Angkat, dinginkan.
8. Bisa diberi hiasan sesuai selera.

Walaupun ada revisi sana-sini, hasil akhirnya enak juga lho. Bisa kok ditandingin sama cupcakes yang dijual di toko-toko roti (duuh kepedean). Sayangnya, cupcake-nya masih polosan. Belum mampu membuat hiasan-hiasan lucu T.T #hiks.

Biar cupcakesku nggak cupu, aku niat beli buku resep Variasi Cupcake oleh Sisca Susanto.  Insya Allah, resep-resep di buku ini bakalan aku praktikin. Tunggu saja postingan selanjutnya 😀

Camera 360

Advertisements

3 thoughts on “Chocolate Cupcakes

  1. Pingback: Cupcake Isi Jagung Pedas | Ocehan Mia Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s